Minggu, Juni 03, 2012

CAREL FREDERIK WINTER

  Budiarto Eko Kusumo       Minggu, Juni 03, 2012
Salah seorang sahabat R.Ng. Ranggawarsita atau Bagus Burhan, seorang pujangga kenamaan dari Keraton Surakarta, yaitu Carel Frederik (CF) Winter. Kendati keturunan Belanda, namun Winter menjadi salah satunya priyayi penting yang dianggap membantu pernjuangannya Ranggawarsita dalam melawan penjajah, lewat karya sastranya seperti Serat Kalatidha yang terkenal akan ramalan Jaman Edan.
CF Winter sendiri lahir di Yogyakarta pada 5 Juli 1799. Semasa hidupnya, CF Winter pernah menjadi juru alih aksara dan penerjemah (translator) bahasa Belanda dan Jawa di Kantor Residen Surakarta.
Berawal dari pekerjaannya, Winter bisa berkenalan dan dekat dengan pujangga Keraton Surakarta, Ranggawarsita. Dengan bantuan Winter, di sana Ranggawarsita serta para priyayi Jawa bisa belajar bermacam-macam ilmu dan tatanan internasional, yang ditulis dalam buku-buku berbahasa Belanda dan Inggris.
Winter mempunyai isteri bernama Jacoba Hendrika Logeman, yang juga membantu Winter bekerja menjadi penerjemah. Ada satu cerita yang menyebutkan bahwa Winter dan Ranggawarsita pernah membawa surat kabar bernama Bramartani, yang diterbitkan ke dalam tiga bahasa, yaitu Belanda, Inggris, dan Jawa. Juga surat kabar yang lainnya, yang terbit di Belanda.
CF Winter meninggal pada 14 Januari 1859. Dan ketika meninggal dimakamkan di Pemakaman Belanda, Kerkop, yang berada di Jebres, Surakarta. Begitu pula isterinya setelah meninggal, juga dimakamkan di Kerkop.
Namun dengan izin Presiden Soeharto, pada 30 Januari 1984, makam CF Winter dan isterinya dipindahkan ke Dusun Palar, Klaten, di sebelah baratnya makam Pujangga Ranggawarsita. Hal ini supaya menjadi tanda, dan penghormatan atas persahabatan Winter dan Ranggawarsita. Sampai sekarang, makam CF Winter sering diziarahi oleh para peneliti dan sastrawan, juga para pecinta karya besar Ranggawarsita. ***
logoblog

Thanks for reading CAREL FREDERIK WINTER

Previous
« Prev Post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sahabat Blog