Kamis, Mei 24, 2012

ARTRITIS

  Budiarto Eko Kusumo       Kamis, Mei 24, 2012
Artritis adalah peradangan pada satu atau lebih persendian, yang disertai dengan rasa sakit, bengkak pada persendian, kekakuan, dan keterbatasan bergerak.
Jenis arthritis yang paling sering dijumpai:
1. Osteoartritis, adalah penyakit degeneratif yang dapat timbul karena pertambahan usia di mana sendi terasa nyeri akibat gesekan antar ujung tulang yang disebabkan karena berkurangnya cairan pelumas (cairan sinovial) pada ujung-ujung tulang penyusun sendi. Umumnya menyerang sendi-sendi penopang tubuh, seperti lutut, pinggul, tulang belakang.
2. Rheumatoid Artritis, adalah penyakit autoimun di mana sistem imunitas di dalam tubuh menyerang persendian, dapat terjadi pada semua kelompok umur. Terutama terjadi pada sendi jari-jari tangan, pergelangan tangan, siku dan lutut.
3. Gout (Asam Urat), biasanya menyerang jari-jari kaki terutama ibu jari. Tetapi dapat juga menyerang sendi lainnya. Penyebabnya adalah meningkatnya kadar asan urat dalam darah sehingga terjadi penimbunan Kristal asam urat pada sendi.

Osteoartritis dapat dicegah dengan mengkonsumsi makanan bergizi, jaga berat badan ideal, kurangi penggunaan sepatu hak tinggi dan konsumsi suplemen yang mengandung glukosamin atau kondroitin. Untuk masalah gout batasi makanan yang kaya akan purin misalnya jeroan (kikil, babat, usus, ati, dan ampela), makanan laut, kacang-kacangan. Perbanyak minum air putih. ***
logoblog

Thanks for reading ARTRITIS

Previous
« Prev Post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sahabat Blog