Rabu, Mei 23, 2012

HIPERTENSI

  Budiarto Eko Kusumo       Rabu, Mei 23, 2012
Angka kematian tertinggi di dunia diakibatkan oleh hipertensi dan komplikasi yang ditimbulkannya. 90% penyebab hipertensi tidak diketahui dengan pasti namun berkaitan erat dengan gaya hidup/lifestyle (serba sibuk dengan tingkat stress tinggi, pola makan tidak sehat, kurang istirahat dan olahraga).
Gejala hipertensi: sering sakit kepala, pusing, sering capek/merasa lelah/pegal, mengantuk, bingung, baal dan kesemutan pada tangan dan kaki, sesak nafas/nafas pendek, batuk dan hidung berdarah, muka kemerahan, pandangan mata kabur serta sulit mengerti perkataan orang lain.
Faktor resiko hipertensi di antaranya:
a. Controllable (dapat dikendalikan): makanan berlemak jenuh tinggi, makanan olahan/pengawet, kopi, the, garam, alkohol, merokok, stress, kurang serat, istirahat, dan olahraga.
b. Uncontrollable (tidak dapat dikendalikan): usia (tensi cenderung meningkat seiring dengan bertambahnya usia), genetik (keluarga dengan riwayat hipertensi), jenis kelamin (pria umumnya beresiko lebih tinggi, namun resiko menjadi lebih tinggi pada wanita pasca menopause).

Komplikasi hipertensi: stroke, serangan jantung, gagal jantung kongestif, edema paru, gagal ginjal dan kebutaan karena pecahnya pembuluh darah pada mata.
Lakukanlah pengukuran tensi secara berkala agar terhindar dari komplikasi hipertensi. ***

Sumber:
 Brosur NUTRIMAX Food Supplement
logoblog

Thanks for reading HIPERTENSI

Previous
« Prev Post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sahabat Blog