Jumat, September 07, 2012

Pasukan Elit Raksasa

  Budiarto Eko Kusumo       Jumat, September 07, 2012
Ini bukan cerita tentang Kopassus, Green Baret, SAS, Spentznats, atau GSG-9 – tetapi tentang pendahulu-pendahulu mereka semua. Tentu saja ada hal yang istimewa tentang pasukan elit yang satu ini.
Kaisar Jerman, Frederick William I – memiliki kesatuan tentara pribadi yang disebut Potsdam Grenadier. Untuk merekrut anggota tentara pribadinya, ia membeli, menyogok, atau bahkan menculik orang-orang jangkung dengan tinggi rata-rata 210 cm ke atas untuk direkrut menjadi anggota Grenadier. Selain itu, ia juga mengawinkan tentara-tentara jangkungnya dengan wanita-wanita jangkung lokal dengan harapan akan dapat memperoleh anggota Grenadier masa depan tanpa harus bersusah payah.
Di sepanjang hidupnya, Kaisar Frederick sempat memiliki 2 batalion Potsdam Grenadier. Satu battalion beranggotakan 600 prajurit. Oleh Sang Kaisar, mereka dipanggil “anak-anak berseragam biruku.” Uniknya, pasukan para raksasa ini tidak pernah diterjunkan ke medan tempur sungguhan, walau mereka rutin memperoleh latihan keras. Untuk membentuk pasukan elit ini, Frederick William I diperkirakan menghabiskan biaya sebesar kira-kira 30 Juta Dollar setara nilai emas tahun 1980 – hanya untuk dua batalion tentara.
Perhatian khusus Sang Kaisar terhadap Grenadier ini ternyata dimanfaatkan oleh Tsar Peter Agung dari Rusia. Untuk mengeratkan hubungan Rusia-Jerman, Peter Agung pernah mengirimkan hadiah istimewa bagi Frederick I, berupa suplai 50 orang ‘raksasa’ di atas 210 cm setiap tahunnya, selama masa emas hubungan Rusia Jerman. ***




logoblog

Thanks for reading Pasukan Elit Raksasa

Previous
« Prev Post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sahabat Blog