Senin, Januari 09, 2023

Bersukacitalah Bersama Keluarga Anda Di Tanah Kehidupan Yang Indah

  Budiarto Eko Kusumo       Senin, Januari 09, 2023
Seorang fisikawan teoritis kelahiran Jerman, Albert Einstein, yang diakui sebagai salah seorang fisikawan terhebat sepanjang masa, pernah berujar, “Rejoice with your family in the beautiful land of life.” [
1https://www.southernliving.com/culture/family-reunion-quotes
] Kurang lebih, artinya “Bersukacitalah bersama keluarga Anda di tanah kehidupan yang indah.”
Keluarga Besar (trah) R. Sukisman yang bergelar R.Ng. Sastrokusumo melakukannya akhir pekan lalu, atau tepatnya Ahad (08/01/2023). Anggota keluarga dari Trah Sastrokusumo berkumpul dengan gembira di Warung Jangan Lombok Bintaro, yang beralamatkan di Jalan Masjid As-Sa’adah No. 83 Kelurahan Parigi, Kecamatan Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan, Provinsi Banten.

Keluarga Besar R. Sukisman/Trah Sastrokusumo berpose bersama antar generasi

Warung Jangan Lombok Bintaro merupakan resto yang menyajikan masakan tradisional khas Wonosari, Daerah Istimewa Yogyakarta dengan cita rasa lezat. [
2https://hijaubintaro.id/warung-jangan-lombok-resto-spesial-yang-menyajikan-masakan-tradisional-khas-wonosari-yogjakarta-dengan-citarasa-lezat/
] Resto yang memiliki luas area 1.100 m² ini nyaman untuk tempat kumpul. Barangkali ini yang menjadi pertimbangan panitia Trah Sastrokusumo memilihnya.
Empat meja panjang yang disiapkan pihak resto penuh dengan anggota keluarga Trah Sastrokusumo yang datang dari Jabodetabek. Ada yang dari anak turun Soemiatoen, Soemilih Chondromowo, Sumini, Tuti Sulastri, Sumiarti, RM Sunaryo, Hj. Sri Redjeki, Sri Sulastri, dan H. Bambang Irawan.
Trah keturunan R. Sukisman cukup banyak dan menyebar. R. Sukisman meninggal pada Kamis Wage, 6 November 1952 dan dikebumikan di TPU Purwoloyo, Solo. Keturunannya sudah sampai generasi kelima (wareng). Namun sayangnya pada acara silaturahmi keluarga besar (family gathering) R. Sukisman, warengnya yang ada di Surakarta, atau Kota Solo, tidak bisa hadir.

Generasi kedua dan ketiga dalam Trah Sastrokusumo

Family gathering
ini dimulai pada pukul 11.00 WIB dengan kedatangan dari berbagai keluarga Trah Sastrokusumo ke Warung Jangan Lombok Bintaro. Sambil menunggu keluarga yang lainnya, mereka bercakap-cakap dengan anggota keluarga Trah Sastrokusumo dalam suasana santai.
Setelah banyak yang datang, acara diisi dengan sambutan panitia Silaturahmi Keluarga Besar R. Sukisman, dan setelahnya dilanjutkan dengan pembacaan Yasin dan doa untuk almarhum/almarhumah yang telah mendahului menghadap Al-Khaliq, dari generasi pertama (anak) hingga generasi keempat (canggah).
Setelah itu, mereka yang hadir melakukan ishoma (istirahat, sholat, dan makan) selama satu setengah jam. Karena keterbatasan tempat untuk sholat, maka mereka pun bergantian melakukannya.

Beberapa generasi ketiga dan keempat Trah Sastrokusumo menyemarakan family gathering

Usai ishoma, barulah dilanjutkan dengan acara permainan hingga selesai. Acara ini umumnya diborong oleh para canggah. Mereka berbinar. Bertemu sanak keluarga dan sekaligus bisa bermain bersama.
Hari libur Ahad kemarin, memiliki arti yang mendalam bagi Keluarga Besar R. Sukisman atau Trah Sastrokusumo. Mereka meluangkan waktu ditengah kesibukannya. Panitia benar-benar menghargai upaya yang dilakukan setiap kerabat untuk bergabung dalam pertemuan ini.
Di Warung Jangan Lombok Bintaro ini, kerabat dalam Keluarga Besar R. Sukisman merayakan family gathering dengan penuh semangat untuk bersukacita di tanah kehidupan yang indah. Indah dalam interaksi dan syar’i, karena "Silaturahmi itu meluaskan pikiran dan memperkaya sudut pandang. Dan salah satu dari sekian banyak pintu rezeki." *** [090123]


logoblog

Thanks for reading Bersukacitalah Bersama Keluarga Anda Di Tanah Kehidupan Yang Indah

Previous
« Prev Post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sahabat Blog