Rabu, Mei 23, 2012

KANKER

  Budiarto Eko Kusumo       Rabu, Mei 23, 2012
Kanker disebabkan oleh pertumbuhan sel-sel jaringan tubuh yang tidak normal dan tidak terkendali akibat karsinogen (bahan pencetus kanker) yang masuk ke dalam tubuh secara berlebihan serta penurunan sistem daya tahan tubuh. Sumber karsinogen di antaranya berupa radiasi (ultra violet dari matahari, sinar-X, nuklir, elektromagnetik), polusi, infeksi virus, minyak goring yang dipakai berulang kali, kerak/arang pada makanan yang dipanggang, pemberian hormaon berlebihan, gesekan/benturan di salah satu bagian tubuh, makanan berpengawet, pewarna sintesis dan bersifat asam (banyak makan daging dan jeroan, kurang sayuran).
Deteksi dini kanker dengan cara sangatlah dianjurkan. Biasanya kanker memiliki gejala-gejala yang bisa kita waspadai sebagai berikut:
 Waktu buang air besar/kecil ada gangguan
 Alat pencernaan terganggu, susah menelan dan nafsu makan menurun
 Suara serak atau batuk yang tak kunjung sembuh
 Payudara atau ditempat lain ada benjolan
 Tahi lalat yang menjadi semakin besar dan gatal
 Darah atau lender yang tidak normal keluar dari lobang tubuh
 Adanya luka yang tak kunjung sembuh

Deteksi yang lebih pasti dapat menggunakan Cancer Marker seperti CEA, AFP, dan PSA. Khusus bagi wanita yang sudah menikah, dianjurkan untuk Papsmear guna mendeteksi kelainan pada organ reproduksi/rahim serta Mammografi untuk deteksi kanker payudara. ***

Sumber:
 Brosur NUTRIMAX Food Supplement
logoblog

Thanks for reading KANKER

Previous
« Prev Post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sahabat Blog