Rabu, Mei 23, 2012

OBESITAS

  Budiarto Eko Kusumo       Rabu, Mei 23, 2012
Faktor resiko/penyebab kegemukan:
1. Gaya hidup yang tidak sehat: pola makan tinggi kalori dan kurang olahraga
2. Keturunan/genetik: memiliki sel/kantung lemak yang melebihi normal sejak anak-anak
3. Pertambahan usia: penurunan fungsi organ tubuh sehingga laju metabolisme melambat (BMR rendah)
4. Hormonal/menopause: wanita usia produktif dengan gangguan hormonal (misal haid tidak teratur) umumnya lebih mudah mengalami kelebihan berat badan. Begitu juga dengan wanita yang sedang/sudah menopause.

Komplikasi penyakit akibat kegemukan:
Penyakit jantung, stroke, diabetes tipe 2, hipertensi, hiperlipidemia (kolesterol dan trigliserida tinggi), kanker (usus besar dan payudara), gangguan kesuburan (infertility), batu empedu juga gangguan tulang dan persendian.
Banyak orang beranggapan dengan mengurangi porsi makan, berat badan akan cepat turun. Pada kenyataannya lebih dari 90% orang mengalami kegagalan dalam mencapai berat badan ideal. Agar program penurunan berat badan dapat berhasil dan bersifat permanen selain perlu pengaturan pola makan, olahraga (walaupun ringan) secara teratur mutlak dilakukan. Dengan teratur berolahraga akan mengurangi jumlah kantung-kantung lemak tubuh, laju metabolisme akan meningkat (semakin tinggi BMR, semakin sulit seseorang bertambah gemuk karena kalori dari makanan lebih banyak dibakar menjadi energi). ***

Sumber:
 Brosur NUTRIMAX Food Supplement
logoblog

Thanks for reading OBESITAS

Previous
« Prev Post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sahabat Blog