Sabtu, Juni 09, 2012

PERPUSTAKAAN KELURAHAN SONDAKAN

  Budiarto Eko Kusumo       Sabtu, Juni 09, 2012
Perpustakaan Kelurahan merupakan salah satu sumber belajar yang amat penting yang memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk memperluas dan memperdalam pengetahuan dengan membaca bahan pustaka yang mengandung ilmu pengetahuan yang diperlukan.
Sasaran umum yang hendak dicapai perpustakaan kelurahan adalah terciptanya kualitas manusia yang maju dan mandiri, demikian juga perpustakaan Kelurahan Sondakan mempunyai tekad untuk ikut andil mencerdaskan masyarakat sekitar dan menumbuhkan budaya gemar membaca.



Perpustakaan Kelurahan Nasional mulai dirintis pada tahun 2008, dasar pendirian Perpustakaan Kelurahan Sondakan adalah Surat Keputusan Kepala Kelurahan Sondakan No.425.14/11.b/IV/2008 tentang Pendirian Perpustakaan Kampung Kelurahan Sondakan. Perpustakaan Kelurahan Sondakan terletak tidak jauh dari pusat Kota Surakarta, tepatnya di Jl. Latar Putih, Mutihan RT.02 RW.XI Kelurahan Sondakan, Kecamatan Laweyan, Kota Surakarta.



Jumlah koleksi buku yang dimiliki oleh Perpustakaan Kelurahan Sondakan hingga saat ini berjumlah 3.117 judul yang terdiri atas 3.961 eksemplar. Jumlah koleksi tersebut terbagi atas buku fiksi dan non fiksi. Jumlah buku fiksi adalah 142 judul yang terdiri atas 194 eksemplar, sedangkan jumlah buku non fiksi adalah 2.975 judul yang terdiri atas 3.767 eksemplar.
Sedangkan koleksi berupa DVD atau VCD berjmlah 5 keping.





Jenis Layanan

Layanan Perpustakaan Kelurahan Sondakan, terdiri atas:

1. Layanan Di Lokasi Perpustakaan
Sistem pelayanan ini menggunakan sistem terbuka yaitu pengungjung diperkenankan langsung masuk ke ruang perpustakaan dan bebas membaca serta meminjam.




2. Layanan Anak
Mulai pertengahan Februari 2011, Perpustakaan Kelurahan Sondakan menerapkan layanan anak dengan maksud untuk menanamkan budaya gemar membaca kepada anak-anak, dengan usia sedini mungkin. Misalnya, kunjungan PAUD ke Perpustakaan Kelurahan Sondakan pada bulan Januari 2012, dengan harapan agar anak lebih mengenal buku dan lebih menanamkan budaya gemar membaca kepada anak-anak, dengan usia sedini mungkin.
Di dalam layanan anak disajikan kegiatan bercerita (story telling).




3. Layanan Jemput Bola
Jenis layanan ini merupakan layanan kepada masyarakat khususnya kalangan ibu-ibu PKK dengan cara membawa sebagian buku-buku perpustakaan dalam pertemuan rutin PKK.

Pelayanan Informasi

Layanan informasi yang ada di Perpustakaan Kelurahan Sondakan, meliputi layanan informasi yang berkenaan dengan:

1. Peminjaman Buku
2. Penelusuran Bahan Pustaka
3. Layanan Referensi
4. Layanan Audiovisual
5. Layanan Anak
6. Alat Permainan Edukatif (APE)

Jam Layanan

Perpustakaan Kelurahan Sondakan buka tiap hari kecuali hari Minggu. Secara hirarkis kepengolaan, Perpustakaan ini di bawah Pokja II Tim Penggerak PKK Kelurahan Sondakan di mana Tim Pokja ini di bawah LPMK Kelurahan sebelum menuju kepada Kepala Kelurahan Sondakan.
Adapun hari buka adalah dari hari Senin hingga Sabtu, dari pukul 14.00 – 17.30 WIB.
logoblog

Thanks for reading PERPUSTAKAAN KELURAHAN SONDAKAN

Previous
« Prev Post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sahabat Blog