Senin, September 06, 2021

Singgah Di Bali Saat Lawatan Ke Kabupaten Manggarai Timur

Budiarto Eko Kusumo       Senin, September 06, 2021
Pulang dari supervisi Tim A di Malang, saya langsung menuju ke Kantor REDI. Hari itu adalah hari Ahad (20/09/2015). Kantor seharusnya tutup, namun karena besok saya harus berangkat untuk mendampingi supervisi Data Analyst EP-POM Sujarwoto, S.IP, M.Si., MPA, Ph.D ke Tim M di Kabupaten Manggarai Timur, saya menghubungi Bagian Keuangan REDI untuk mengambil tiket pesawat dan uang operasional selama bertugas di sana.
Dari Kantor REDI, barulah saya balik ke kos yang berada di Gang Masjid, Kelurahan Medokan Semampir, Kecamatan Sukolilo, Kota Surabaya. Jaraknya sekitar 2,5 kilometer dari Kantor REDI. Sampai di kos langsung bersih-bersih badan dan langsung istirahat untuk melemaskan otot setelah perjalanan dari Malang ke Surabaya dengan berkendara sepeda motor.

Jalan-jalan ke Pantai Kuta, Bali (Foto: 21/09/2015)

Esok harinya, bakda Subuh saya berangkat ke Bandara Juanda. Karena masih pagi, perjalanan hanya perlu 30 menit dari kos yang berjarak sekitar 14 kilometer. Sesampainya di Bandara Juanda, saya langsung check in sambil menunggu Data Analyst EP-POM yang masih dalam perjalanan dari Malang menuju ke Bandara Juanda.
Berhubung tidak ada penerbangan langsung (direct flight) dari Surabaya ke Manggarai, oleh Bagian Keuangan saya dan Data Analyst EP-POM harus singgah di Bali semalam. Dari Bandara Juanda, kami terbang dengan Citilink. Kode penerbangannya QG-642.

Melihat wisatawan berselancar di Pantai Kuta, Bal (Foto: 21/09/2015)

Berangkat dari Terminal 1 Bandara Juanda pada pukul 08.00 WIB dan sampai di Bandara Ngurah Rai Bali pada pukul 09.50 WITA. Dari Bandara Ngurah Rai, langsung kami mencari penginapan di daerah Kuta.
Oleh sopir taxi, kami diantar ke Melasti Kuta Bungalows & Spa yang berada di Jalan Kartika Plaza No. 5 Kuta, Kabupaten Badung, Bali. Hotel ini dekat dengan pusat perbelanjaan terbesar dan hiburan di Bali, seperti Discovery Shopping Mall, Kuta Square Shopping Arcades, Pasar Seni Kuta, pusat hiburan malam di Kuta, dan Pantai Kuta yang kesohor.

Deretan papan selancar di Pantai Kuta, Bali (Foto: 21/09/2015)

Setelah meletakan tas di kamar, kami langsung beredar keliling Kuta. Waktu singgah yang hanya semalam ini dimanfaatkan untuk refreshing dengan jalan-jalan menikmati suasana Kuta, Bali. Kami berjalan kaki menuju ke Pantai Kuta yang banyak bulenya.
Di tengah perjalanan, kami mengisi perut dulu di McDonald’s Kuta Square. Setelah itu, baru lanjut menuju ke Pantai Kuta. Di sana, kami menikmati deburan pantai yang dihiasi hilir mudik para pengunjung.

Data Analyst EP-POM di Pantai Kuta, Bali (Foto: 21/09/2015)

Dalam deburan ombak itu terlihat puluhan wisatawan domestik maupun mancanegara yang sedang bermain selancar. Kurang lebih satu jam kami berada di Pantai Kuta. Setelah itu, kami balik ke hotel untuk beristirahat. Lepas Maghrib, kami jalan-jalan lagi sambil makan malam.
Suasana malam di Kuta ternyata cukup ramai. Wisatawan banyak yang lalu lalang. Kendati saya sudah ketiga kalinya berkunjung ke Kuta, namun baru kali ini berkesempatan melihat suasana Kuta di malam hari dengan seksama.

Suasana Pusat Perbelanjaan di Kuta, Bali (Foto: 21/09/2015)

Setelah itu kembali lagi ke hotel. Begitu sampai di hotel, Data Analyst EP-POM langsung merebahkan diri di dalam kamar yang begitu luas dengan jendela mengarah ke Pantai Segara. Sedangkan, saya kedatangan teman semasa SD yang telah lama menetap di Bali. Ia kini menjadi manajer hotel di daerah Jimbaran, Bali.
Saya dan teman ngobrol di lobby hotel hingga pukul 23.00 WITA. Setelah teman pulang, saya pun kembali ke kamar hotel yang berada di lantai 2 untuk merebahkan badan, dan tidur, agar supaya esok hari badan menjadi bugar lagi untuk melanjutkan penerbangan ke Manggarai di mana Tim M saat ini sedang melakukan pengumpulan data Survey Konstruksi Pendidikan 2015, atau yang dalam TOR dikenal dengan EOPO 1 Endline Evaluation: Field Survey. ***