Senin, September 06, 2021

Supervisi Tim A SKP 2015 di Malang

  Budiarto Eko Kusumo       Senin, September 06, 2021
Selang 14 hari Tim Survey berada di lapangan, saya mulai mendapat kesempatan untuk melakukan supervisi terhadap di lapangan oleh Survey Manager. Supervisi pertama saya adalah Tim A Survey Konstruksi Pendidikan (SKP), atau yang dalam Bahasa Inggris dikenal dengan EOPO 1 Endline Evaluation: Field Survey, yang saat itu sedang berada di Malang.
Penugasan supervisi ini berkenaan dengan akan adanya Tim EP-POM yang akan melakukan kunjungan lapangan ke Tim A. Tim EP-POM yang berkunjung ke Tim A di Malang adalah Data Analyst EP-POM Sujarwoto, S.IP, M.Si., MPA, Ph.D. Saya yang mewakili Tim REDI berstatus mendampingi kunjungan itu, dan sekaligus melakukan monitoring dan evaluasi terhadap capaian Tim A di lapangan.
Pada waktu supervisi itu, Tim A sedang melakukan pengumpulan data di SMP Negeri 26 Malang yang beralamatkan di Jalan Ikan Gurami No. 36 Kelurahan Tunjungsekar, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang, Provinsi Jawa Timur.

Melihat prasasti bantuan hibah program pembangunan Unit Sekolah Baru dari Pemerintah Australia Tahun Anggaran 2012 di Malang

Saya berangkat dari Kantor REDI Surabaya dengan berkendara sepeda motor pada Sabtu (19/09/2015). Berangkat pagi hari dan sampai di SMP Negeri 26 Malang sekitar pukul 09.00 WIB. Di sana Tim A sudah memulai pengumpulan data dengan melakukan wawancara kepada pihak sekolah.
Setibanya di sana, saya langsung menyaksikan proses pengumpulan data di sekolah itu sambil menunggu kedatangan Data Analyst EP-POM. Tim EP-POM tiba di lokasi sekitar 45 menit semenjak kedatangan saya di SMP Negeri 26 Malang.
Di sekolah itu, saya dan Data Analyst melihat dari dekat bangunan SMP Negeri 26 Malang. Bangunan ini merupakan bantuan hibah Pemerintah Australia melalui Program Dukungan Sektor Pendidikan (Education Sector Support Program) dalam pembangunan Unit Sekolah Baru Tahun Anggaran 2012 yang besarannya hampir 2 milyar.

Papan nama SMP Negeri 26 Malang

Selain itu, Data Analyst juga menyempatkan beraudiensi sebentar dengan pihak sekolah terkait program bantuan hibah ini hingga Tim A selesai melakukan pengumpulan data. Pengumpulan data  ini memakan waktu dan tidak boleh terburu-buru.
Dua orang anggota Tim saling berbagi dalam melakukan pengumpulan data tersebut di SMP Negeri 26 Malang, dan tiga enumerator lainnya menyasar responden rumah tangga yang berada di sekitar SMP Negeri 26 Malang. Dalam kuesioner Semi-Structurized Survey (SSI) untuk responden sekolah ini, berisi informasi tentang sekolah yang menjadi target dalam Survey Konstruksi Pendidikan 2015. 
Informasi yang dikumpulkan terdiri atas 10 seksi, yaitu Seksi A (Informasi Dasar), Seksi B (Fasilitas Sekolah), Seksi C (Data Guru), Seksi D (Data Siswa), Seksi F (Siswa dengan Disabilitas), Seksi G (Kinerja Kepala Sekolah, Seksi H (Manajemen Sekolah), Seksi I (Dukungan dari Pengawas Sekolah), Seksi J (Belajar dan Mengajar), dan Seksi K (Perlindungan Sosial).

Wawancara dengan pihak sekolah

Setelah selesai melakukan pengumpulan data yang lamanya hampir 3 jam itu, Tim A berpamitan dengan pihak sekolah. Saya dan Data Analyst EP-POM juga sekalian undur diri dari SMP Negeri 26 Malang.
Setelah berada di luar pagar lingkungan sekolah, saya pun juga berpisah dengan Data Analyst. Saya melanjutkan menuju ke basecamp Tim A, dan Data Analyst langsung pulang. Di basecamp Tim A, saya menginap sehari yang berada di lingkungan perumahan yang tak jauh jaraknya dari SMP Negeri 26 Malang.
Pada waktu menginap di basecamp, saya juga melakukan briefing dengan seluruh enumerator di Tim A. Dalam briefing itu selain ingin melihat progress dalam pengumpulan data juga ingin melihat kendala-kendala yang dihadapi Tim selama di lapangan.
Esoknya di pagi hari, saya pun berpamitan kepada Tim A untuk kembali ke Surabaya karena keesokan harinya saya masih harus mendampingi Data Analyst EP-POM untuk melakukan supervisi ke Tim M dan Tim K yang sedang berada di Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT). ***


logoblog

Thanks for reading Supervisi Tim A SKP 2015 di Malang

Previous
« Prev Post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sahabat Blog