Senin, Januari 20, 2020

Antar Anak Ciblon di Sumber Maron

  Budiarto Eko Kusumo       Senin, Januari 20, 2020
Ciblon merupakan serapan dari bahasa Jawa, yang artinya nyemplung atau kecipak-kecipuk (masuk ke dalam untuk bermain air dan sekaligus mandi). Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), ciblon mengandung makna permainan anak-anak ketika mandi di sungai atau di pemandian dengan cara menepak-nepakkan telapak tanggan pada permukaan air sehingga menimbulkan bunyi tertentu.
Pada hari Senin (30/12/2019) kedua anak wedok mengajak pergi ke Sumber Maron. Berangkat berlima dengan menggunakan mobil warna merah milik teman. Lokasi Sumber Maron berada di Dusun Adi Luwih, Desa Karangsuko, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur. Lokasi ini berjarak sekitar 10 kilometer dari Sekretariat SMARThealth.


Sumber Maron adalah wisata alam. Lokasi wisata ini merupakan perpaduan antara hamparan sawah yang hijau, sungai jernih, kolam sumber alami, dan air terjun dengan ketinggian sedang (± 5 meter). Primadonanya adalah sungai beriak yang bisa digunakan untuk river tubing. River tubing adalah aktivitas wisata yang dilakukan di medan sungai, aliran irigasi, dan sungai yang mengalir di dalam gua. Sarana atau alat yang digunakan untuk river tubing adalah ban karet.


Di Sumber Maron, keinginan kedua anak wedok tidak bisa kesampaian untuk menikmati semua pesona yang ada di sana. Hal ini dikarenakan ketika tiba di Sumber Maron, turun hujan. Akhirnya, kedua anak wedok cuma ciblon di kolam saja. Bapak dan ibunya serta Bagus berteduh di warung yang berada di sekitarnya. Sambil pesan teh panas, mata pun tertuju kepada kedua anak wedok yang bermain di kolam dengan menggunakan ban karet.
Kendati kedua anak wedok hanya ciblon, tapi masih beruntung karena sehari sebelumnya mereka sudah pernah diajak Bapaknya melihat semua pesona yang terdapat di Wisata Alam Sumber Maron. Sehingga, sepulang dari ciblon tidak ada kekecewaan di hatinya. Mereka tampaknya asyik-asyik saja menikmati suasana ciblon. Suasana liburan ke Wisata Alam Sumber Maron pun akan terkenang ketika mereka sudah kembali ke Solo. *** [301219]


logoblog

Thanks for reading Antar Anak Ciblon di Sumber Maron

Previous
« Prev Post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sahabat Blog