Sabtu, Februari 18, 2023

Bunga Bermekaran Di Dekat Rumah Ibu Kader Karangsono

  Budiarto Eko Kusumo       Sabtu, Februari 18, 2023
Pagi itu matahari bersinar di antara gumpalan mendung putih. Langit terbentang, sesekali cerah sesekali redup. Namun hal itu, tak menyurutkan tanaman bunga yang berada di pekarangan rumah Ibu Jubaedah, bermekaran.
Saya, dan sejumlah warga yang hadir dalam giat Posyandu Dewi Arimbi di serambi rumah Ibu Jubaedah di Gang 10 Dusun Karangsono RT 60 RW 12 Desa Kebonagung, Kecamatan Pakisaji, Kabupaten Malang itu, sekali tempo melihat bunga-bunga tersebut. Secuil tanah di halaman rumahnya tumbuh aneka bunga. Kendati tak banyak, tanamannya mau berbunga, dan itu mengundang mata untuk meilhatnya.
Tepat di sudut halaman depan rumah yang bersebelahan dengan Toko Pakaian Wanita Wahyu Collection, bunga Anggrek Larat, Kembang Sepatu, Zinnia Peruviana, Turnera Subulata, Bougainvillea Elizabeth Angus, dan Melampodium, memamerkan bunganya.

Bunga Kembang sepatu, atau biasa dinami Rose Mallow yang mekar di dekat pagar sebelah utara

Ahli hortikultura terkenal, Luther Burbank berkata, "Bunga selalu membuat orang lebih baik, lebih bahagia, dan lebih bermanfaat; bunga adalah sinar matahari, makanan, dan obat bagi jiwa" (Flowers always make people better, happier, and more helpful; they are sunshine, food, and medicine for the soul). [
1https://www.natureworldnews.com/articles/45546/20210326/the-incredible-health-benefits-of-flowers.htm
]
Kutipan Burbank ini berasal dari paper yang dibacakan dihadapan California Academy of Sciences pada 18 Juni 1901, dan kemudian diterbitkan dalam “The Making of New Flowers”, American Gardening (13 Jul 1901), 22, No. 342, 489. [
2https://todayinsci.com/B/Burbank_Luther/BurbankLuther-Quotations.htm
]
Keindahan bentuk dan warnanya, membuat orang yang memandangnya merasa senang. Megan Schulze, seorang petani Frontieress Farm di Fairbanks, Alaska, pernah berkisah mengenai kesenangannya menanam bunga.

Bunga Kertas (Zinnia peruviana) yang mekar di antara rerumputan Jepang

Dia menanam bunga sebagai cara untuk mengekspresikan sisi kreatifnya dan memberi makan jiwa. Dia menanam bunga “Untuk perayaan, peringatan, tindakan cinta, penyembuhan, atau kesenangan murni, bunga mengekspresikan emosi kata-kata terputus-putus dan memupuk hubungan positif satu sama lain dan alam.” [
3https://itgrowsinalaska.community.uaf.edu/2022/03/23/growing-a-cut-flower-garden/
]
Memang, bunga adalah pengangkat suasana hati instan dan dapat mencerahkan hari yang suram. Tapi tahukah Anda bunga, selain membuat Anda bahagia, ternyata memiliki manfaat kesehatan yang luar biasa?
Penelitian yang ada mengakui peran restoratif yang dimainkan oleh bunga itu sendiri, yaitu tanpa menentuka efek warna individu. [
4Liwen Zhang, Nicola Dempsey, Ross Cameron, Flowers – Sunshine for the soul! How does floral colour influence preference, feelings of relaxation and positive up-lift?, Urban Forestry & Urban Greening, Volume 79, 2023, 127795, ISSN 1618-8667, https://doi.org/10.1016/j.ufug.2022.127795. (https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S1618866722003387)
] Haviland-Jones dkk dalam artikelnya, An Environmental Approach to Positive Emotion: Flower (2005), yang diterbitkan di Evolutionary Psychology oleh SAGE journals, menjelaskan bahwa bunga dapat memberikan kontribusi positif terhadap kesejahteraan psikologis.

Bunga Anggrek larat yang menempel di dahan pohon dekat pagar sisi barat

Dalam penelitian Haviland-Jones dkk itu terdiri atas studi 1, 2, dan 3. Dalam Studi 3, bunga yang disajikan kepada peserta lansia (usia 55+) menimbulkan laporan suasana hati yang positif dan meningkatkan memori episodik. Bunga memiliki efek langsung dan jangka panjang pada reaksi emosional, suasana hati, perilaku sosial, dan bahkan memori untuk pria dan wanita.
[5Haviland-Jones, J., Rosario, H. H., Wilson, P., & McGuire, T. R. (2005). An Environmental Approach to Positive Emotion: Flowers. Evolutionary Psychology, 3(1). https://doi.org/10.1177/147470490500300109
]
Oleh karena itu, terapi hijau (ecotherapy), istilah umum untuk pendekatan penyembuhan berbasis alam, adalah salah satu cara tindakan untuk mengurangi terjadinya penyakit mental dan memberikan efek restoratif bagi mereka yang menderita dalam bentuk penyakit itu yang lebih ringan.
Efek mekarnya bunga berpengaruh pada pikiran dan tubuh. Bunga menawarkan peningkatan kesehatan mental, apakah Anda sedang mengaturnya secara kreatif atau hanya menikmati keindahannya. Dan, saya merasa beruntung menghadiri giat Posyandu Dewi Arimbi itu karena bisa melihat keindahan bunga-bunga yang lagi mekar di dekat rumah Ibu Kader Karangsono. *** [180223]


logoblog

Thanks for reading Bunga Bermekaran Di Dekat Rumah Ibu Kader Karangsono

Previous
« Prev Post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sahabat Blog