Minggu, Mei 21, 2023

Laju Kereta Api Dhoho Penataran Di Antara Hamparan Sawah Menghijau

  Budiarto Eko Kusumo       Minggu, Mei 21, 2023
KA Dhoho Penatarang sedang melintas di daerah Dawuhan, Desa Jatirejoyoso, di belakang Hotel Grand Miami Kepanjen

Dari kolam renang Hotel Grand Miami Kepanjen yang berada di Lantai 2, saya melihat kereta api Dhoho Penataran sedang melintas di Dukuh Dawuhan, Desa Jatirejoyoso. Enam gerbong dan satu lokomotif itu sedang melaju di antara hamparan persawahan yang sedang menghijau.
Kereta api (KA) Dhoho Penataran merupakan kereta api ekonomi lokal Daop 8 yang harga tiketnya disubsidi oleh pemerintah, menjadi transportasi andalan Surabaya-Malang dan Malang-Surabaya. Pada pukul 12.35 WIB, terlihat KA Dhoho Penataran dari arah Stasiun Kepanjen hendak menuju ke Surabaya.
Momen ini saya dapat, dan berkesempatan memotretnya gegara antrean makan siang di Miami Bar & Lounge Lantai 2 pada saat mengikuti Rapat Koordinasi Teknis Program PTM di Kabupaten Malang Tahun 2023 Gelombang I yang diselenggarakan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Malang melalui Sub-Substansi PTM dan Kesehatan Jiwa (Keswa) pada Senin (16/05).
Antrean yang meluber itu saya manfaatkan untuk berkeliling di kolam renang (swimming pool) milik hotel yang tepat berada di sebelah timurnya. Kolam renang ditempatkan di Lantai 2 hotel dan berada di sisi utara.
Saat berada di kolam renang itulah saya mendapat spot foto menarik dalam laju perjalanan KA Dhoho Penataran di siang hari yang melintas tepat di belakang Hotel Grand Miami Kepanjen. Foto ini saya ambil saat itu juga yang kebetulan saya lagi memegang handphone.
Pada waktu memotret, saya jadi terkenang pernah juga melakukan perjalanan dengan KA Dhoho Penataran ini dari Stasiun Kepanjen menuju Surabaya dalam rangka menghadiri pernikahan sejawat yang dulu sama-sama pernah berkarya di Regional Economic Development Institute (REDI) Surabaya hampir setahun yang lalu.
Namun perjalanan selama 3 jam 43 menit kala itu terjadi di malam hari, sehingga saya tidak bisa menyaksikan hijaunya bentangan persawahan yang begitu indah di sepanjang jalan yang dilalui KA Dhoho Penataran. Di luar jendela KA Dhoho Penataran tampak gelap dan sesekali terlihat cahaya saat melintas perkampungan maupun stasiun-stasiun yang dikunjunginya.
Setelah antrean makan siang bagi peserta Rapat Koordinasi Teknis (Rakontek) yang diikuti oleh Dokter Fungsional, Petugas Lab dan Petugas Farmasi dari 20 Puskesmas yang ada di Kabupaten Malang itu sudah memasuki Miami Bar & Lounge, saya pun langsung mengekor di belakang antrean tersebut, dan tentunya juga ikut makan siang bersamanya dalam masa ishoma (istirahat, sholat, dan makan). *** [210523]


logoblog

Thanks for reading Laju Kereta Api Dhoho Penataran Di Antara Hamparan Sawah Menghijau

Previous
« Prev Post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sahabat Blog