Kamis, Juni 22, 2023

Junonia almana, Kupu Merak Jingga Yang Memesona

  Budiarto Eko Kusumo       Kamis, Juni 22, 2023
Alam menyuguhkan keindahannya di pagi hari ini. Seekor kupu Merak jingga sedang berjemur di tembok pagar sisi barat dari Sekretariat SMARThealth Kepanjen yang berada di Jalan Sidoluhur, Dusun Lemah Duwur, Desa Dilem, Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang, dan sesekali berpindah di atas pucuk pohon beringin kimeng (Ficus malacocarpa) yang ditanam dalam pot.
Dinamakan kupu Merak jingga karena pada sayap depan terdapat empat pola garis pendek berliku berwarna hitam, dan enam bintik mata berwarna cokelat yang dikelilingi cincin putih dan hitam seperti pola sayap burung merak. Ornamen warna itu menghiasi di bagian dorsal sayap yang memiliki warna oranye atau jingga.
Memang saat kupu itu membentangkan sayap jingganya terlihat anggun nan memesona. Di bawah sentuhan sinar mentari pagi, keelokannya semakin memancar. Saat mengepakkan sayap itulah seakan-akan seperti burung Merak mengibaskan ekornya hingga mekar yang senantiasa kelihatan bintik-bintik mata dalam bulunya. Oleh karena itu, kupu ini dalam bahasa Inggrisnya juga disebut dengan Peacock pansy.

Kupu Merak Jingga hinggap di atas pucuk pohon beringin kimeng di Sekretariat SMARThealth Kepanjen

Kupu Merak jingga merupakan kupu-kupu dalam famili Nymphalidae dan genus Junonia Hübner, 1819. Nama ilmiah kupu Merak jingga dalam dunia fauna (dunia binatang) adalah Junonia almana (Linnaeus, 1758).
Nama genus ini berasal dari bahasa Latin yang berarti burung merak [1]. Genus Junonia ini pertama kali dideskripsikan oleh Jacob Hübner (1761-1826), seorang ahli entomologi Jerman, pada tahun 1819.
Dalam genus ini setidaknya terdapat 30 spesies dengan subspesies yang jauh lebih besar. Genusnya mencakup sejumlah kupu yang menampilkan bintik-bintik dengan aneka warna. Salah satu spesiesnya adalah kupu Merak jingga atau Junonia almana, dengan basionym Papilio almana Linnaeus, 1758.
Spesies Junonia almana untuk pertama kalinya dibahas oleh Carolus Linnaeus (1707-1778), seorang ahli botani, ahli zoologi sekaligus dokter asal Swedia, di  Systema naturae per regna tria naturae, secundum Classes, Ordines, Genera, Species, cum Characteribus, Differentiis, Synonymis, Locis (1758) [2].

Kupu Merak Jingga berjemur di tembok pagar Sekretariat SMARThealth Kepanjen sisi barat

Kupu jenis ini termasuk berukuran sedang, sekitar 4-5 cm dengan sayap terbentang, dan gemar terbang rendah di atas bunga-bunga rerumputan maupun tanaman gulma lainnya di pagi hari. Semenjak pekarangan Sekretariat SMARThealth, saya hijaukan dengan aneka tanaman, banyak binatang sering berkunjung, seperti serangga, burung maupun reptil. 
Biasanya mereka mencari nektar bunga untuk makanannya dan tak jarang juga untuk menumpang berkembangbiak. Binatang jenis serangga, termasuk kupu Merak jingga ini menyenangi dedaunan yang ada di pekarangan Sekretariat SMARThealth, dan ini menjadi bagian keanekaragaman hayati yang tercipta di Sekretariat SMARThealth.
Kupu Merak jingga memang dikenal keindahan warna sayapnya yang tak terbantahkan, dan berkontribusi pada kualitas estetika lingkungan. Ia merupakan merupakan sumber daya penyerbuk yang penting. *** [220623]


logoblog

Thanks for reading Junonia almana, Kupu Merak Jingga Yang Memesona

Previous
« Prev Post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sahabat Blog