Sabtu, Juni 17, 2023

Tahu Campur Lor Pasar Kepanjen

  Budiarto Eko Kusumo       Sabtu, Juni 17, 2023
Lapak Tahu Campur milik Pak Sirat di Jalan Banurejo, Kepanjen, atau sebelah utara (lor) Pasar Kepanjen, tempatnya tidak seberapa luas. Diisi lima belas orang sudah berdempetan. Tapi jangan kira, di balik lapaknya yang yang bertenda biru dengan partisi kain berwarna oranye itu, Tahu Campur Pak Sirat kaya rasa.
Usai mendampingi ibu-ibu kader melakukan skrining faktor risiko penyakit kardiovaskular dan pembuluh darah lainnya dalam petemuan rutin PKK RT 03 RW 01 Kelurahan Kepanjen, saya diajak menikmati tahu campur Pak Sirat.

Lapak Tahu Campur Pak Sirat, lor Pasar Kepanjen

Tahu Campur merupakan masakan khas Lamongan. Konon, hidangan ini bermula dari warga yang menjadi koki Belanda yang pulang kampung dan kemudan mengenalkan masakan tersebut ke warga dengan disesuaikan bumbu setempat. Ternyata enak!
Dinamakan Tahu Campur, karena kuliner tradisional yang berbahan dasar tahu dicampur dengan bahan utama lainnya, seperti daging sanding lamur atau kikil, tauge, mie, daun selada, dan perkedel singkong.
Dengan gerobak dorong yang mangkal di lor Pasar Kepanjen, Pak Sirat berjualan Tahu Campur sejak tahun 1980-an. Ibu kader yang asli atau sudah menetap lama di Kepanjen mengetahuinya. Dari racikannya yang berisi lontong, tahu goreng kenyal, perkedel singkong, tauge, mie soun, dan daun selada, yang ditambah dengan kuah kaldu daging sanding lamur plus ada petisnya, Tahu Campur Pak Sirat memiliki penggemar setia hingga sekarang.

Sepring Tahu Campur racikan Pak Sirat

Tahu Campur akan menjadi lebih nikmat jika disajikan dengan kerupuk udang. Satu porsi Tahu Campur dibanderol dengan harga yang sangat bersahabat, yaitu Rp 12 ribu/porsi. Meskipun harganya sama dengan Tahu Campur lainnya, tapi kalau soal rasanya boleh Anda periksa sendiri dengan seksama. Formulasi antara sentuhan kuah kaldu sandung lamur bersama kikil dengan petis racikan Pak Sirat membentuk keunikan cita rasa tersendiri di lidah.
Lapak Tahu Campur Pak Sirat buka setiap sore hingga pukul 21.00 WIB. Jika Anda berkunjung ke Kepanjen, Kabupaten Malang, tidak ada salahnya jika mencoba kuliner asli Lamongan yang satu ini. *** [170623]


logoblog

Thanks for reading Tahu Campur Lor Pasar Kepanjen

Previous
« Prev Post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sahabat Blog