Rabu, September 13, 2023

Hypolimnas bolina, Kupu Telur Yang Sering Berterbangan di Pekarangan

  Budiarto Eko Kusumo       Rabu, September 13, 2023
Kupu telur (Hypolimnas bolina) sedang berjemur di tembok pagar Sekretariat SMARThealth Kepanjen

Hinggap di tembok pagar Sekretariat SMARThealth sisi barat cukup lama, memudahkan saya untuk memotretnya. Kupu dengan banyak bintik maupun ndol-ndol (bulatan) putih itu sepertinya sedang berjemur.
Dalam literatur, kupu ini memiliki nama ilmiah Hypolimnas bolina (Linnaeus, 1758). Asal usul genus Hypolimnas saat ini tidak diketahui. Dalam mitologi Yunani, Bolina adalah bidadari yang mencintai Apollo, namun ketika dia mencoba meninggalkannya, dia tenggelam di laut [
1http://reimanbutterfly.com/butterfly/Hypolimnas%20bolina#:~:text=Etymology%20Of%20Name,she%20drowns%20in%20the%20sea.
].
Spesies Hypolimnas bolina dideskripsikan oleh Carolus Linnaeus (1707-1778), seorang ahli botani Swedia, pada tahun 1758 dalam Systema Naturæ per regna tria naturæ, secundum classes, ordines, genera, species, cum characteribus, differentiis, synonymis, locis. 10 ed. [
2Hypolimnas bolina (Linnaeus, 1758) in GBIF Secretariat. GBIF Backbone Taxonomy. Checklist dataset https://doi.org/10.15468/39omei accessed via GBIF.org on 2023-09-13.
].
Selain bersinonim dengan Papilio bolina Linnaeus, Hypolimnas bolina mempunyai nama umum (common names). Great eggfly (Inggris), jāmu'i (Bengali, India), dan huàn zǐbān jiá dié (China). Di Indonesia disebut kupu telur, yang merupakan terjemahan dari eggfly.
Kupu telur (Hypolimnas bolina) termasuk famili Nymphalidae yang memiliki warna hitam, putih dan biru, Namun pada famili ini juga terdapat warna cokelat, oranye, dan kuning. Kebetulan yang saya jumpai di halaman depan Sekretariat SMARThealth Kepanjen, terdiri dari warna hitam, ungu, cokelat, oranye, dan putih.
Kupu jenis ini berhabitat mulai dari Madagaskar, Asia hingga Australia. Ia memiliki ukuran tubuh tidak terlalu besar, biasanya mereka terbang rendah dan sesekali hinggap di tanah untuk berjemur secara berkelompok.
Ia mudah ditemukan pada lingkungan hutan basah, taman,kebun, saluram irigasi dan sungai. Mereka gemar mengunjungi lahan yang memiliki kumpulan bunga yang sedang bermekaran, termasuk bunga dari gulma.
Kupu telur (great eggfly) memberikan contoh dimorfisme seksual, artinya jantan dan betina terlihat berbeda. Menurut Brian McAndrew [
3McAndrew, Brian. (2000). Niagara Parks Butterflies. Toronto: James Lorimer & Company Ltd.
], kupu jantan berwarna biru tua dan lembut serta memiliki bintik-bintik putih seperti telur di sayap terbuka yang memantulkan warna biru keunguan ketika terkena cahaya dari sudut yang berbeda.
Kupu betinanya lebih besar dari jantan dan seringkali berwarna cokelat, dengan pola bintik putih berbeda dan dua titik oranye, satu di setiap sayap terbuka.
Mengikuti penjelasan dari McAndrew ini, berarti kupu telur yang hinggap di tembok Sekretariat SMARThealth itu dipastikan berjenis kelamin betina. *** [130923]


logoblog

Thanks for reading Hypolimnas bolina, Kupu Telur Yang Sering Berterbangan di Pekarangan

Previous
« Prev Post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sahabat Blog