Sabtu, Juni 29, 2024

Depan Puskesmas Bululawang, Ada Kupang Lontong Cak Sapari

  Budiarto Eko Kusumo       Sabtu, Juni 29, 2024
Keluar dari Puskesmas Bululawang usai menghadiri Pelatihan Kader PPOK se-Kecamatan Bululawang pada Sabtu (29/06), saya nongkrong di Warung Kupang Lontong Cak Sapari yang berada di depan pojok timur Puskesmas Bululawang yang beralamatkan di Jalan Stasiun No. 11-13 Desa Bululawang, Kecamatan Bululawang, Kabupaten Malang.
Warung Kupang Lontong Cak Sapari berupa lapak kaki lima yang berdampingan dengan penjual tahu menghadap ke Pasar Bululawang sisi utara, yang tak jauh dari bekas Stasiun Trem Bululawang. Di warung itu, saya ingin makan kupang lontong dengan sate kerang sambil melihat suasana lalu lalang orang di depan Puskesmas maupun Pasar Bululawang tersebut.

Kupang lontong Cak Sapari depan Puskesmas Bululawang

Kupang lontong yang dikenal sebagai makanan khas Kabupaten Sidoarjo yang juga bisa ditemui di kota-kota lain di Jawa Timur, termasuk di Kabupaten Malang ini, merupakan kudapan berupa irisan lontong dan lentho (perkedel singkong) yang disiram dengan sayur kupang berempah dengan aroma petis yang kuat.
Petisnya merupakan hasil pemanfaatan limbah sisa perebusan kupang yang dicampur dengan gula pasir dan gula merah kemudian dilakukan pemasakan hingga cairan mengental. Sedangkan, kupang adalah sejenis binatang laut sejenis kerang-kerangan. Kupang yang dimasak menjadi kupang lontong itu umumnya berasal dari spesies Corbula faba Hinds (kupang putih), sejenis kerang dengan ukuran kecil, tak lebih besar dari sebutir beras. Makanya kupang putih sering disebut juga dengan kupang beras.
Cak Sapari sudah memulai jualan kupang lontong ini sejak 15 tahun silam. Pria kelahiran 1976 asal Desa Wandanpuro, Kecamatan Bululawang itu dulu sewaktu merantau di Sidoarjo menyempatkan diri belajar membuat kupang lontong dari tempat asal kuliner tersebut, yakni Sidoarjo.

Satu porsi kupang lontong Cak Sapari Bululawang

Pulang dari merantau, ia terus berusaha jualan kupang lontong di Bululawang. Sempat buka tutup namun setelah mendapatkan tempat yang pas, ia pun berjualan terus. Kupang lontong Cak Sapari cukup enak. Bumbu rempahnya terasa. Dengan tiga cabe rawit dan tetesan jeruk nipis, perpaduan bumbu petis, bawang putih, dan kupang, rasa kuahnya terasa asam pedas manis dan segar.
Satu porsi kupang lontong terdiri dari lontong, petis, lentho singkong, hingga sate kerang. Kupangnya sendiri disebut kaya akan protein. Kupang mengandung air 75,70%, kadar abu 3.09%, protein 10,85%, lemak 2,08% dan karbohidrat 1,02% [
1Prayitno, S., & Susanto, T. (2001). Kupang dan produk olahannya. Yogyakarta: Kanisius.].
Bila Anda sedang ada acara di Puskesmas Bululawang atau berbelanja di Pasar Bululawang atau sedang melintas Bululawang, jangan lupa mencicipi kupang lontong yang dibuat Cak Sapari. Meski jualannya dengan gerobak khasnya, namun soal rasa patut dicoba! *** [290624]


logoblog

Thanks for reading Depan Puskesmas Bululawang, Ada Kupang Lontong Cak Sapari

Previous
« Prev Post

1 komentar:

  1. Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarokatuh .....

    Alhamdulillaah ....... Mmmuuuaaannntttaaappp pisan euy ......

    BalasHapus

Sahabat Blog