Minggu, Juni 23, 2024

Luar Biasa, Akhirussanah SD Djama’atul Ichwan Surakarta Berjalan Meriah

  Budiarto Eko Kusumo       Minggu, Juni 23, 2024
Siswa-siswi kelas 6D berpose dengan wali kelas, guru dan orangtua murid

Ukhuwah Djama’atul Ichwanilah ini patut diacungi jempol! Kolaborasi yang elok antara pihak SD Djama’atul Ichwan (SD DJI), Komite Sekolah, dan  orangtua murid menghasilkan pelepasan dan perpisahan siswa-siswa kelas 6 2023/2024 di Bright Ballroom HARRIS Hotel & Convention yang berada di Jalan Slamet Riyadi No. 464 Kelurahan Purwosari, Kecamatan Laweyan, Kota Surakarta, yang akrab disebut dengan Kota Solo, pada Sabtu (22/06).
Dalam tradisi SD DJI yang bervisi “Islami, Cerdas, Ceria” ini, acara pelepasan dan perpisahan kelas 6 dikenal dengan akhirussanah, atau lengkapnya haflah akhirussanah yang diadopsi dari bahasa Arab. Haflah artinya pertemuan, perayaan atau pesta, sedangkan akhirussanah berasal dari gabungan kata “akhir” (akhir) dan “sannah” (tahun). Jadi, haflah akhirussanah adalah perayaan akhir tahun siswa-siswi yang telah selesai menjalani pendidikan atau masa studi.
Sebelum pukul 07.00 WIB, telah tampak antrean orangtua di meja pendaftaran untuk memasuki ballroom yang cukup megah itu. Haflah akhirussanah ini diikuti empat kelas dari kelas 6 di SD DJI, yaitu 6A, 6B, 6C dan 6D, yang totalnya berjumlah 103 murid. Namun, orangtuanya yang hadir lebih dari jumlah muridnya karena ada yang mamak dan bapaknya atau mamak/bapak dengan kakaknya.
Acara haflah akhirussanah dimulai pada pukul 08.02 WIB dengan kemunculan dua pembawa acara berkerudung di atas panggung. Kemudian mempersilakan siswa-siswi memasuki ruangan diiringi gending Jawa.
Di mulai dari seorang siswa pembawa panji bendera merah putih, dan dibelakangnya terdapat dua siswa cucuk lampah. Di belakang cucuk lampah, terdapat iringan siswa dan siswi dari kelas 6A, 6B, 6C, dan 6D, yang disaksikan orangtua murid yang telah duduk di kursi yang telah disediakan dan diatur sedemikian rupa.
Mereka urut per kelas namun dibedakan antara murid laki-laki (siswa) dan perempuan (siswi). Siswa di barisan sisi kanan, dan siswi berada di barisan sisi kiri. Mereka duduk di kursi depan para orangtua murid, yang dibelah oleh tempat duduk para guru. Siswanya ditaruh di sisi kanan menghadap ke panggung yang berada di sebelah timur, dan siswinya berada di sisi barat berdekatan dengan jajaran guru yang menjadi panitia.
Setelah duduk, acara dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, Mars DJI, dan Hymne Guru yang dipandu oleh dirijen Diah Kurniawati Ulfah, S.Pd., dan setelahnya disambung dengan pembacaan tilawah maupun sari tilawah oleh dua siswa.
Lalu, acara berikutnya adalah sambutan dari Pimpinan Yayasan Pendidikan DJI Muklis Mustofa, S.Pd., M.Pd. Dalam sambutannya, Muklis berpesan kepada siswa-siswa yang mengikuti akhirussanah, “Jaga kebaikan yang telah ditanamkan Bapak/Ibu Guru sejak kelas 1.”
Kemudian pada pelepasan murid kelas 6, Kepala SD DJI Ghufron Ghozali, S.E., S.Pd., M.M. memberikan sambutan singkat yang intinya menginformasikan bahwa SD DJI terus mengembangkan diri untuk menjaga visi SD DJI, seperti salah berjamaah, murotal, dan lain-lain.
Pada kesempatan itu, Kepala SD DJI juga menyampaikan permohonan maaf kepada murid dan orangtua bila dalam mendidik murid masih ada kekurangan, dan kemudian melepas atribut SD DJI secara simbolis yang diwakili dua siswa dan disaksikan oleh Prof. Dr. Yudho Taruno Muyanto, S.H., M.Hum, perwakilan dari orangtua murid. 
Pada kesempatan itu pula, Prof. Yudho memberikan feedback dari apa yang telah disampaikan oleh Kepala SD DJI, bahwa dalam mewakili orangtua siswa ini, ia juga memohon maaf kepada Bapak/Ibu Guru bila selama ini kerap ada murid yang membuat jengkel gurunya.
“Saya sependapat dengan Pimpinan Yayasan Pendidikan DJI terkait pesannya kepada siswa-siswinya agar selesai akhirussanah ini tetap menjaga kebaikan yang diberikan Bapak/Ibu Guru selama ini, dan jangan lupa meningkatkan diri di jenjang sekolah berikutnya,” kata Prof. Yudho. “Mewakili orangtua pula, saya mengucapkan terima kasih kepada Bapak/Ibu Guru yang telah  membersamai siswa-siswi.”
Setelah itu, Kepala SD DJI menyematkan samir siswa-siswi di atas panggung. Acara penyematan ini mirip dengan wisuda yang ada di Perguruan Tinggi. Siswa-siswi dari empat  kelas itu dipanggil satu per satu per kelas menuju ke panggung, dimulai dari kelas 6A hingga 6D secara urut abjad pada namanya.
Usai pengalungan samir, acara berikutnya adalah menyanyikan lagu “Selamat Tinggal Guru dan Kawanku” yang ditampilkan oleh Tim Paduan Suara Siswa-Siswi Kelas 6, dan setelah itu diteruskan dengan hiburan yang diperankan siswa-siswi tersebut.
Hiburan ini diisi dengan kreasi tik tok dance, tari kreasi daerah, dan wayang anak dengan lakon “Petruk Munggah SMP” yang mengundang gelak tawa para orangtua dan diselingi dengan fashion show juga. Tak hanya penuh gelak tawa, tapi metafora dari cerita yang diangkat sesuai dengan kehidupan yang dihadapi murid pada umumnya, seperti sosial media (sosmed).
Selesai hiburan, acara dilanjutkan dengan parade prestasi. Banyak prestasi yang ditorehkan siswa-siswi kelas 6 diapreaisi oleh SD DJI dengan memberikan piala pada acara akhirussanah 2023/2024 ini, seperti akademik (juara kelas), prestasi nla 100 ujian tertulis, prestasi cabang olahraga, prestasi non-akademik (cerpen dan presensi salat subuh berjamaah), dan lain-lain.
Usai penyerahan piala bagi siswa-siswinya yang berprestasi, acara diteruskan dengan penyerahan kenang-kenangan dan cindera mata dari orangtua siswa kepada para guru SD DJI dan sebagai akhr dari acara ini adalah melakukan foto bersama per kelas. Setiap kelasnya diikuti dengan siswa-siswi, wali kelas, dan guru kelas, serta orangtua atau wali murid. Acara haflah akhirussanah berakhir pada pukul 11.12 WIB. Luar biasa dan meriah! *** [230624]


logoblog

Thanks for reading Luar Biasa, Akhirussanah SD Djama’atul Ichwan Surakarta Berjalan Meriah

Previous
« Prev Post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sahabat Blog