Senin, Juni 10, 2024

Rayakan Akhir – Karena Itu Mendahului Awal Yang Baru

  Budiarto Eko Kusumo       Senin, Juni 10, 2024
SD Djama’atul Ichwan Solo: Happy Graduation Class 6D of 2024

Siang ini, Senin (10/06), dapat kiriman Whatsapp (WA) dari istri bahwa anak wedok yang ragil (bungsu) dinyatakan lulus dari SD Djama’atul Ichwan (SD DJI) yang berada di Jalan Agus Salim No. 45 Kelurahan Sondakan, Kecamatan Laweyan, Kota Surakarta.
Perlu diketahui, dalam tradisi keluarga mertua, semua keluarganya bersekolah di SD DJI. Mulai dari mbah buyutnya, mbah putrinya, ibunya, kakaknya hingga anak wedok ragil. Dulu, kata mbah putrinya anak wedok ragil, bangunan sekolah masih sederhana, dan kini sudah berlantai 4.
Anak wedok ragil yang duduk di kelas 6D tampak bergembira karena telah mendapatkan berita kelulusan di aula. Selain mengirim kabar kelulusan juga mengirimkan foto bersama teman kelasnya di halaman bawah dengan latar belakang tulisan Happy Graduation Class of 2024.
Dalam foto itu berjumlah 23 orang di mana 12 laki-laki dengan stan berdiri, dan 11 perempuan dengan posisi jongkok. Sebenarnya dalam satu kelas 6D terdapat 27 siswa, namun yang tidak ikut berpose bersama ada 4 orang.
Mereka mengabadikan foto bersama sebagai kenangan bersama teman kelasnya sebelum berpisah. Suasana ini seperti yang diilustrasikan dalam ujarannya Jonathan Lockwood Huie, “Celebrate endings — for they precede new beginnings” (Rayakan akhir - karena itu mendahului awal yang baru).
Anak wedok ragil akan segera meninggalkan SD DJI yang telah membekali keilmuan dan budi pekerti, dan akan segera mencari jenjang sekolah berikutnya. Pada saat momen meninggalkan SD DJI itu dikiaskan oleh Huie dengan kata “celebrate endings”, artinya merayakan akhir persekolahan di SD DJI dan pertemuan menjelang akhir dengan teman-teman kelasnya yang telah menciptakan memori tersendiri.
Sementara itu, tatkala mengagendakan lanjut ke jenjang sekolah berikutnya, yaitu SMP atau yang sederajat, dianalogikan dengan indah oleh Huie dengan kata “for they precede new beginnings”, personifikasi dari akan duduk di bangku SMP atau yang sederajat sebagai new beginning (permulaan yang baru).
Jonathan Lockwood Huie, yang dikenal sebagai "Sang Filsuf Kebahagiaan," yang menulis buku seputar kesadaran diri (self-awareness) dan Pencinta Kehidupan (Lover of Life) memiliki kepiawaian yang cenderung berfokus pada peristiwa-peristiwa khusus untuk dirayakan. Salah satunya seperti termanifestaskan dalam Happy Graduation Class of 2024 di lingkungan SD DJI.
Binar-binar sukacita terpancar dalam raut muka siswa-siswa kelas 6D SD DJI begitu mendengar kabar kelulusannya. Kemudian mereka berkumpul dengan teman-teman sekelasnya dan kemudian mengabadikannya dalam foto bersama sebagai dokumentasi kebersamaan mereka selama ini. *** [100624]


logoblog

Thanks for reading Rayakan Akhir – Karena Itu Mendahului Awal Yang Baru

Previous
« Prev Post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sahabat Blog