Minggu, Oktober 06, 2024

Sarapan Ikan Kukus Saus Lemon di BaReLo Swiss Belinn Malang

  Budiarto Eko Kusumo       Minggu, Oktober 06, 2024
Ikan Kukus Saus Lemon di BaRelo Restaurant, Swiss Belinn Malang (Rabu, 02/10)

Acara Indonesia in-Country Meeting yang diselenggarakan oleh NIHR Global Health Research Centre for Non-Communicable Diseases and Environmental Change (NIHR-GHRC NCDs & EC) memberi kesempatan kepada saya untuk menginap di Swiss Belinn Malang yang beralamatkan di Jalan Veteran No. 8A Kelurahan Penanggungan, Kecamatan Klojen, Kota Malang. Lokasinya berada di belakang TransMart.
Menginap selama 4 hari, memberikan pengalaman dalam petualangan kuliner di Restoran BaReLo Lantai 1. BaReLo dapat menampung hingga 100 orang untuk makan area indoor dan 34 orang untuk area outdoor. Dirancang dengan modern dan santai, restoran ini tersedia setiap hari untuk makan pagi, siang dan malam, menyajikan hidangan internasional dan Indonesia yang lezat untuk prasmanan makan pagi dan tersedia juga menu á la carte.
Menu disajikan di BaReLo untuk menjamu sarapan tamu hotel sangatlah beragam dengan banyak menu. Tamu yang menginap pasti akan menyukai aneka hidangan yang tersaji. Mulai dari nasi, bubur ayam, bubur tradisional, lauk pauk, aneka roti, aneka buah, kudapan, dan aneka minuman.
Di hari ketiga menginap, yakni Rabu (02/10), selain rutinitas menyantap bubur ayam dan minum beras kencur serta buah-buahan. Saya coba menjajal menu yang terbuat dari ikan air tawar, yaitu ikan kukus saus lemon.
Kata pramusaji yang menjaga BaReLo, menu ikan kukus saus lemon terbuat dari ikan dori. Ikan dori merupakan ikan hias berwarna biru yang muncul dalam film animasi berjudul Finding Nemo (2003) yang meraih penghargaan Academy Award.
Ikan dori, yang yang juga dikenal sebagai pangasius atau basa, adalah jenis ikan yang telah memperoleh popularitas signifikan dalam beberapa tahun terakhir. Ikan ini merupakan ikan air tawar asli Asia Tenggara, khususnya Vietnam.
Ikan kukus saus lemon di BaReLo adalah suguhan yang nikmat! Menikmati ikan kukus saus lemon menjadi pengalaman kuliner yang menyenangkan! Ikan dori menjadi pilihan populer karena rasanya yang lembut dan teksturnya yang renyah. 
Sesuai namanya, menu dibuat dengan dikukus. Dikukus dengan jahe, bawang putih,kecap asin, dan lain-lain untuk hidangan yang ringan dan sehat. Tampilan ikan kukus saus lemon yang disajikan di BaReLo terkesan sederhana namun rasanya empuk dan lezat.
Ikan dori memiliki tekstur yang lembut sehingga membuatnya makin digemari banyak orang. Ikan yang satu ini memiliki sebutan lain, yakni pangasius. Meski begitu, masih banyak yang mengira ikan dori memiliki racun dan tidak baik untuk dikonsumsi.
Jiali Chen et. al. dalam A critical review on the health benefits of fish consumption and its bioactive constituents (2022, Food Chemistry 369), melaporkan bahwa sebagai  salah satu sumber pangan, ikan menyediakan nutrisi yang cukup bagi manusia. Beragamnya nutrisi dalam ikan menjadikan ikan sebagai sumber nutrisi penting yang mudah diperoleh di seluruh dunia. Ikan terbukti memiliki beberapa manfaat kesehatan, seperti antioksidasi, antiperadangan, penyembuhan luka, neuroproteksi, kardioproteksi, dan hepatoproteksi. Protein ikan, seperti imunoglobulin, bertindak sebagai agen pertahanan terhadap infeksi virus dan bakteri serta mencegah malnutrisi protein-kalori. Selain itu, konstituen minyak ikan, seperti asam lemak tak jenuh ganda, mengatur berbagai jalur pensinyalan, seperti jalur faktor kappa B nuklir, jalur reseptor Toll-like, jalur transforming growth factor-β (TGF-β), dan jalur peroxisome proliferators activated receptor (PPAR).
Konsumsi ikan, kata Jiali Chen et. al., setidaknya dua kali seminggu sebagai bagian dari diet sehat bermanfaat bagi jantung yang sehat. Kemajuan lebih lanjut dalam bidang ini dapat menjadikan ikan sebagai sumber nutrisi makanan utama.
Ikan dori mengandung banyak nutrisi seperti Omega-3, DHA, dan zat besi yang juga membantu meningkatkan fungsi otak dan jantung. Apakah Anda tertarik ingin menyantapnya? *** [061024]


logoblog

Thanks for reading Sarapan Ikan Kukus Saus Lemon di BaReLo Swiss Belinn Malang

Previous
« Prev Post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sahabat Blog