Sabtu, Juli 22, 2023

Elymnias hypermnestra, Kupu Yang Berkembang Biak Di Pohon Palem

  Budiarto Eko Kusumo       Sabtu, Juli 22, 2023
Elymnias hypermnestra hinggap di atas pucuk daun jeruk purut di halaman depan Sekretariat SMARThealth, Desa Dilem, Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang

Kupu-kupu berperan penting dalam reproduksi tanaman melalui penyerbukan. Bunga-bunga yang bermekaran akan mengundang kupu-kupu. Termasuk di Sekretariat SMARThealth Kepanjen yang dua bulan berjalan ini, sejumlah tanaman sedang berbunga.
Tanaman bunga nona makan sirih yang membelit tanaman jeruk purut dan beringin kimeng dengan warna merah merona, mendominasi halaman depan Sekretariat SMARThealth yang terletak di Jalan Sidoluhur, Dusun Lemah Duwur, Desa Dilem, Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang.
Bunga lainnya yang juga bermekaran adalah tanaman belimbing bintang, pepaya, jeruk purut, sirsak, belimbing wuluh, srikaya, jambu kristal, kenanga, jarak bali, nusa indah, ekor kucing, palem botol, dan sejumlah gulma yang tumbuh subur.
Pagi menjelang siang (Kamis, 13/07), saya melihat dan berhasil memotret kupu warna cokelat yang hingga di atas daun jeruk purut setelah mondar-mandir dari satu tanaman ke tanaman yang lainnya untuk mencari bunga.
Masyarakat setempat menyebutnya dengan kupu cokelat. Dalam buku “Kupu-Kupu Sembilang Dangku” (2020) [
1Setiawan, Doni, et al. KUPU-KUPU SEMBILANG DANGKU. Edited by Aprilinayati, Fikty, 1st ed, Zoological Society of London (ZSL) Indonesia, 2020.
], nama lokal kupu tersebut adalah kupu palem biasa, yang diterjemahkan dari bahasa Inggris, common palmfly atau common palm butterfly.
Kupu palem biasa memiliki nama ilmiah Elymnias hypermnestra (Linnaeus, 1763) dalam dunia fauna. Nama genus Elymnias saat ini tidak diketahui etimologinya. Sedangkan, nama spesies hypermnestra diperkirakan berasal dari mitologi Yunani. 
Dikutip dari laman Reiman Gardens Iowa State University, Hypermnestra adalah salah satu dari lima puluh putri Danaus, dan satu-satunya yang tidak membunuh suaminya Lynceus pada malam pernikahan mereka, dalam mitologi Yunani.
Spesies Elymnias hypermnestra pertama kali dijelaskan oleh Carolus Linnaeus (1707-1778), seorang ahli botani Swedia, pada tahun 1763 sebagai Papilio hypermnestra, dalam Amoenitates academic, Seu dissertationes variæ physicæ, medicæ, botanicæ, antehac seorsim editæ, nunc collectæ et auctæ cum tabulis æneis [
2Linnaeus, C. (1763) : Amoenitates academic, Seu dissertationes variæ physicæ, medicæ, botanicæ, antehac seorsim editæ, nunc collectæ et auctæ cum tabulis æneis. Volume of sextum: 1-486. Homiae: Laurentii Salvii
], dan disebutkan bahwa locus typicus menurut deskripsi pertama itu adalah Jawa, yang kala itu masih Nederlandsch-Indië.
Menurut Global Biodiversity Information Facility (GBIF), kupu palem biasa (Elymnias hypermnestra) terdapat di India, Bangladesh, China, Taiwan, Vietnam, Laos, Kamboja, Thailand, Myanmar, Malaysia, Indonesia, dan Timor Leste [
3Kettner, Michel. (6 November 2022 um 11:54:39). Elymnias hypermnestra (Linnaeus, 1763). Retrieved from https://lepiforum.org/wiki/page/Elymnias_hypermnestra
].
Elymnias hypermnestra (common palmfly) mudah dan banyak ditemukan. Di hutan primer dan sekunder, taman, kebun, dan tempat yang masih banyak bunganya dengan ketinggian hingga 800 meter di atas permukaan laut.
Bila sayapnya direntangkan, di bagian atasnya berwarna kebiruan-hitam dengan sederet bintik submarginal biru di sisi atas. Bagian bawahnya berwarna cokelat berbintik-bintik dengan warna lebih terang, dan di sayap belakang tulang rusuk terdapat bercak putih.
Spesies yang masuk dalam famili Nymphalidae, subfamili Satyrinae, dan suku Elmniini ini, termasuk dimorfik dan setiap jenis kelamin meniru model yang berbeda: jantan meniru Euploea spp. dan betina meniru Danaus spp. – kemungkinan besar Danaus genutia dan Danaus chrysippus [
4Lohman, David & Sarino, Sarino & Peggie, Djunijanti. (2020). SYNTOPIC ELYMNIAS AGONDAS ARUANA FEMALE FORMS MIMIC DIFFERENT TAENARIS MODEL SPECIES (PAPILIONOIDEA: NYMPHALIDAE: SATYRINAE) ON ARU, INDONESIA. TREUBIA. 47. 1-12. 10.14203/treubia.v47i1.3821.
].
Elymnias hypermnestra gemar meletakkan telurnya pada tanaman jenis palem-paleman atau pinang-pinangan sebagai inangnya (hostplants). Pada fase larva menjadikan jenis tanaman palem-paleman atau pinang-pinangan sebagai sumber pakan. Oleh karena itu, spesies ini dikenal sebagai kupu palem biasa. *** [220723]


logoblog

Thanks for reading Elymnias hypermnestra, Kupu Yang Berkembang Biak Di Pohon Palem

Previous
« Prev Post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sahabat Blog