Selasa, September 19, 2023

Solanum torvum, Si Liar Yang Menenangkan

  Budiarto Eko Kusumo       Selasa, September 19, 2023
Di sebelah utara tanah lapang yang berada di depan Posyandu Sedap Malam 7 Desa Arjosari, Kecamatan Kalipare, Kabupaten Malang, banyak tumbuh semak atau perdu. Terlihat ada tanaman kenanga, kembang sepatu, teh-tehan, dan awar-awar yang letaknya mepet pagar orang lain.
Lalu, di bawah bayang-bayang pohon petai yang sedang berbuah, terdapat sekumpulan tanaman terung pipit. Tanaman ini umumnya memiliki nama berdasarkan daerahnya, seperti trung cawing (Aceh), terung pipit (Melayu), rimbang (Minangkabau), takokan (Sunda), dan cepokak, pokak (Jawa). Kader Posyandu di sana menyebutnya pokak.

Buah pokak (Solanum torvum)

Nama ilmiahnya untuk tanaman pokak adalah Solanum torvum Sw. Nama genus Solanum berasal dari bahasa Latin “solamen”, yang berarti “menghibur atau menenangkan” [
1Kusumo, BE. (September, 07, 2023). Solanum melongena, Tanaman Terong Berbentuk Panjang dan Bagian Ujungnya Tumpul. Retrieved from https://budiartoekokusumo.blogspot.com/2023/09/solanum-melongena-tanaman-terong.html
]. Sedangkan, julukan spesies torvum berasal dari bahasa Latin “torvus” yang berarti “liar” [
2"torvum" – WordSense Online Dictionary (19th September, 2023) URL: https://www.wordsense.eu/torvum/
], mengacu pada cabang yang berduri [
3Jake. (2017-12-25). Solanum trovum Sw. Retrieved from https://uforest.org/Species/S/Solanum_torvum.php
].
Spesies Solanum torvum dideskripsikan secara ilmiah oleh Olof (Peter) Swartz (1760-1818), seorang ahli botani Swedia, pada tahun 1788 dalam Nova genera & species plantarum, seu, Prodromus descriptionum vegetabilium: maximam partem incognitorum quæ  sub itinere in Indiam Occidentalem annis 1783-87 [
4Swartz, Olof. (1788). Nova genera & species plantarum, seu, Prodromus descriptionum vegetabilium: maximam partem incognitorum quæ sub itinere in Indiam Occidentalem annis 1783-87. Holmiae [Stockholm], Upsaliæ & Aboæ: in bibliopoliis Acad. M. Swederi. Retrieved from https://www.biodiversitylibrary.org/item/9547
], atau Prodr. [Swartz] 47 (1788).
Selain nama ilmiah [preffered scientific name], Solanum torvum mempunyai nama umum. Turkey berry, devil's fig, pea eggplant, platebrush, prickly solanum, susumber, foulberry tree, cherry eggplant (Inggris), teufels-nachtschatten (Jerman), dan mélongène-diable, bellangère bâtarde, aubergine pois [
5Solanum torvum Sw. in GBIF Secretariat. GBIF Backbone Taxonomy. Checklist dataset https://doi.org/10.15468/39omei accessed via GBIF.org on 2023-09-19.
,
6Schippers, R.R., 2004. Solanum torvum Sw. [Internet] Record from PROTA4U. Grubben, G.J.H. & Denton, O.A. (Editors). PROTA (Plant Resources of Tropical Africa / Ressources végétales de l’Afrique tropicale), Wageningen, Netherlands. .
].

Bunga pokak (Solanum torvum)

Solanum torvum
termasuk dalam famili Solanaceae. Daerah sebaran asal spesies ini adalah Meksiko hingga Amerika Selatan Utara, Karibia, dan Brasil bagian timur. Ini adalah semak/perdu dan tumbuh terutama di bioma tropis basah.
Ketinggian tanaman ini bisa mencapi 3 meter. Batang bulat, berkayu, bercabang, dan berduri. Daunnya sedikit melengkung. Kelopak bunganya berwarna putih berbentuk bintang dengan bagian tengahnya yang runcing berwarna kuning.
Buahnya berbentuk bulat kecil. Saat masih muda berwarna hijau, dan berwarna kuning bila masak. Bijinya  pipih,  kecil,  licin dan berwarna  putih kekuningan.
Buah segar yang hijau dapat dimakan langsung (lalapan) atau digunakan dalam masakan. Pokak (Solanum torvum) dianggap sebagai salah satu lauk nabati terbaik. Namun, Solanum torvum tidak hanya dimanfaatkan sebagai makanan saja, tapi juga banyak digunakan dalam pengobatan tradisional di Afrika dan Asia untuk mencegah dan menyembuhkan berbagai penyakit.

Tanaman pokak (Solanum torvum)

Dalam Review: phytochemistry and medicinal properties of Solanum torvum fruits, Williams Kweku Darkwah et. al (2020) [
7Williams Kweku Darkwah, Desmond Ato Koomson, Nicholas Miwornunyuie, Matthew Nkoom & Joshua Buer Puplampu (2020) Review: phytochemistry and medicinal properties of Solanum torvum fruits, All Life, 13:1, 498-506, DOI: 10.1080/26895293.2020.1817799
] menjelaskan bahwa berbagai sediaan yang berbahan dasar buah, biji atau bagian vegetatif Solanum torvum dilaporkan efektif sebagai obat demam, batuk, luka, nyeri, gangguan liver, kerusakan gigi, gangguan reproduksi, hipertensi arteri dan juga keracunan (digunakan sebagai penawar racun).
Sifat Solanum torvum meliputi efek sedatif, diuretik, hemostatik, hemopoietik, antimikroba serta penangkal radikal bebas berkat efek antioksidannya. Studi fitokimia menunjukkan bahwa buah Solanum torvum memiliki konsentrasi berbagai alkaloid, flavonoid, saponin, tanin, dan glikosida yang cukup untuk menjelaskan efek farmakologis ini.
Vitamin, nutrisi organik penting yang diperlukan untuk kelancaran metabolisme dalam tubuh, juga dapat ditemukan di Solanum torvum.
Tanaman pokak (Solanum torvum) yang di Indonesia umumnya tumbuh secara liar ini memiliki khasiat bagi kesehatan sehingga menenangkan bagi orang yang gemar mengonsumsi pokak. *** [190923]


logoblog

Thanks for reading Solanum torvum, Si Liar Yang Menenangkan

Previous
« Prev Post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sahabat Blog