Senin, April 22, 2024

Kenangan Terindah Tercipta Saat Berkumpul di Meja

  Budiarto Eko Kusumo       Senin, April 22, 2024
Bertemu teman dalam dunia penelitian di meja makan Resto Keningar Pondok Wisata Ilona Batu

Seorang teman mengabarkan dirinya lagi berada di Kota Batu. Syarif Hidayat, atau akrab dengan panggilan Pongky, sedang mengikuti training atau refreshing Koordinator Lapangan (Korlap) yang diadakan oleh Yamada Consulting Spire Indonesia di Pondok Wisata Ilona yang beralamatkan di Jalan Abdul Gani Atas No. 24 Kelurahan Ngaglik, Kecamatan Batu, Kota Batu.
Yamada Consulting Spire Indonesia sebagai perusahaan research & consulting sedang melakukan survey mengenai pengolahan lahan dan budidaya kopi. Survey ini akan berlangsung pada bulan April – Juni 2024. Tujuan dari survey ini adalah untuk mengetahui cara-cara pengelolaan lahan kopi oleh petani, hasil panen, dan manajemen kerja petani kopi.
Di sela-sela ishoma (istirahat, sholat, dan makan siang), saya diajak bergabung makan siang bersama Pongky dan satu Korlap lagi yang dulu pernah mengerjakan survey dari PLN di Bekasi dan Sukabumi. Namanya Hendra Ahmidi dari Lampung.
Jadi di meja makan Resto Keningar Lantai 2 Pondok Wisata Ilona pada Sabtu (20/04) siang, saya dengan tiga orang peserta training Korlap itu makan bersama sambil sesekali mengobrol dalam suasana santai mengingat kita sudah bertahun-tahun tak sua.
Terakhir jumpa dengan Pongky ketika bersama almarhum Umar Dhani, saya berbasecamp di rumah mertua Pongky di Sukabumi dalam rangka mengerjakan PLN’s Customer Satisfaction Survey 2012 dari 12 hingga 18 Oktober 2012.
Sewaktu di SurveyMETER Yogyakarta, Pongky dikenal sebagai Computer Assisted Field Editor (CAFÉ) yang handal dalam penelitian The Work and Iron Status Evaluation (WISE) atau yang di Indonesia dikenal dengan Survey HATAS (Survey Kesehatan dan Produktivitas) di Kabupaten Purworejo, Provinsi Jawa Tengah.
Sedangkan, pungkasan bertemu dengan Hendra Ahmidi saat bersama-sama mengerjakan penelitian PLN’s Customer Satisfaction Survey 2011 di Kota Bekasi, Provinsi Jawa Barat, dari 12 sampai dengan 16 Desember 2011. Dulu saya ikut survey ini tak sengaja, saat bersilaturahmi dengan mendiang Umar Dhani di Bekasi tiba-tiba ada anggota enumeratornya yang kabur sehingga harus segera ada penggantinya. Jadilah saya disuruh membantunya.
Sejak 2017, Pongky dan Hendra Ahmidi menjadi Korlap Perkopian, dan pada waktu mengikuti refreshing di Kota Batu inilah, saya baru berkesempatan lagi berjumpa dengan mereka. Meski hanya satu jam pertemuannya di meja makan Resto Keningar, namun sudah menjadi memorable day. Kata orang, “The Fondest Memories Are Made When Gathered Around The Table!” (Kenangan Terindah Tercipta Saat Berkumpul Di Meja!).
Di meja makan itu, kita ngobrol seputar penelitian di lapangan karena kita memang keluaran (alumni) dari lembaga penelitian. Berbicara mengenai lapangan memang tak ada habisnya. Karena lapangan itu memiliki dinamika yang unik, dan memberi energi tersembunyi bagi para pelakunya.
Pukul 13.00 WIB mereka harus masuk Ruang Pertemuan lagi untuk melanjutkan training hingga sore hari, dan training ini akan berlangsung hingga tanggal 24 April 2024. Saya pun kemudian juga berpamitan untuk pulang ke Kepanjen, namun ternyata mendapat japrian dari teman SD yang sedang berada di Kota Batu dan minta bertemu malam ini juga. Jadi, akhirnya saya harus berada di Kota Batu sedari pagi hingga malam hari. *** [220424


logoblog

Thanks for reading Kenangan Terindah Tercipta Saat Berkumpul di Meja

Previous
« Prev Post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sahabat Blog