Rabu, Agustus 21, 2024

Pawon Cabe: Resto Dengan Masakan Nusantara di Gresik

  Budiarto Eko Kusumo       Rabu, Agustus 21, 2024
Saya seorang pemakan yang sangat suka berpetualang dan pecinta makanan pedas.” - Chunky Pandey

Setiap bertugas ke Gresik, teman-teman yang tergabung dalam Tim Penelitian NIHR Global Health Research Centre for Non-Communicable Diseases and Environmental Change (NIHR-GHRC NCDs & EC) selalu membawa saya untuk berkelana dalam rasa.
Berkelana dalam rasa adalah petualangan kuliner yang memungkinkan Anda menjelajahi berbagai flavor dan pengalaman gastronomi. Anda bisa mulai dengan mencicipi hidangan di sana, masing-masing menawarkan kombinasi rasa yang unik—dari pedas dan gurih hingga manis dan asam.
Setiap suapan adalah kesempatan untuk merasakan keanekaragaman bumbu, teknik memasak, dan bahan lokal. Dengan mencicipi berbagai makanan, Anda tidak hanya memanjakan lidah, tetapi juga menyelami kekayaan budaya yang berbeda.

Resto Pondok Cabe Gresik

Selasa (20/08), usai melakukan in-depth interview dengan Kepala Bidang Perindustrian Kabupaten Gresik, saya diajak ke Resto Pawon Cabe yang berada di Jalan Panglima Sudirman No. 77 Gresik. Lokasinya tepat bersebelahan dengan Koromi Café & Resto.
Pawon Cabe terkenal dengan masakan tradisional yang menggugah selera. Sesuai namanya, Pawon Cabe dikenal dengan berbagai hidangan pedas dan rempah bumbu yang kaya. Bermula dari sebuah restoran (resto) masakan Nusantara di Gresik yang berdiri sejak tahun 2013 dengan menu masakan tradisional khas Nusantara yang beraneka ragam, eksistensinya masih dikunjungi banyak orang hingga sekarang.
Dengan fasilitas pendukung, seperti areal parkir seluas 150 m², 3 unit toilet (laki-laki dan perempuan), pusat informasi, mushola dan sistem pengolahan limbah, pengunjung akan merasa nyaman dalam berkunjung ke Pawon Cabe.

Ruang tengah yang semi-outdoor

Belum lagi penataan interiornya yang aduhai, juga berpengaruh terhadap pengunjung untuk mendapatkan suasana menyantap makanan yang cozy banget. Penataan interior Pawon Cabe terbagi dalam tiga ruangan.
Begitu masuk pintu utama, pengunjung akan menjumpai ruangan semi-outdoor bernuansa taman dengan dikelilingi tanaman yang menghijau. Ruangan ini biasanya digemari para pengunjung yang tidak bisa meninggalkan rokok.
Kemudian di sebelah selatannya terdapat ruangan ber-AC yang dikhususkan untuk pengunjung yang telah melakukan reservasi. Sementara, ruangan yang berada di sebelah utara dipakai untuk pengunjung yang langsung datang tanpa reservasi. Tim Penelitian NIHR berada di ruang sebelah utara.

Ruangan sebelah utara di Pawon Cabe Resto

Di Pawon Cabe, saya memesan ayam goreng kampung dan sayur asem serta minumnya teh panas. Sementara itu, teman mencoba ayam bakar pedas kampung, dan seorang driver memilih gurami goreng. Semua menu senantiasa didampingi dengan pedasnya sambal trasinya yang khas.
Semua menu pesanan ditaruh dalam gerabah cobek, kecuali untuk sayur asem menggunakan mangkok melamin hijau muda yang ditopang tatakan melamin putih, dan piringnya yang berukuran besar juga terbuat dari melamin warna putih.
Saat mencecap ayam goreng kampung, saya merasakan bumbu dengan rempah yang alami dan terasa hingga ke dagingnya yang terdalam. Di gerabah cobek, ayam goreng kampung yang saya pesan disandingkan dengan tahu, tempe, bihun goreng, lalapan, dan kremes.

Tim NIHR-GHRC NCDs & EC Universitas Brawijaya (UB)

Sedangkan, ketika menyantap sayur asem, rasanya begitu otentik. Kuahnya dengan rasa asem Jawanya begitu pas di lidah. Di dalam sayur asem itu terdapat kacang panjang, kangkung, mentimun, labu siam, jagung, dan kacang tanah.
Segarnya sayur asem itu terasa nikmat ketika bertemu dengan pedasnya sambal trasi dalam ayam goreng kampungnya. Pedas memang menggugah selera. Kebetulah, kami bertiga menyukai hidangan pedas.
Ada kabar baik bagi pecinta makanan pedas – cabai di dalamnya bisa membantu Anda hidup lebih lama. Para peneliti dari Fakultas Kedokteran Universitas Vermont di AS telah menemukan bahwa capsaicin, bahan aktif dalam cabai merah pedas, dapat meningkatkan metabolisme, memperkuat sistem kardiovaskular dan membantu mengurangi tekanan darah tinggi dan obesitas. Mereka mengatakan orang yang rutin makan cabai merah pedas memiliki penurunan risiko kematian dini sebesar 13 persen dibandingkan dengan mereka yang tidak memakannya. Mereka menyimpulkan bahwa: "Konsumsi cabai merah pedas dikaitkan dengan penurunan angka kematian. Cabai merah pedas mungkin merupakan komponen makanan yang bermanfaat" [
1Chopan M, Littenberg B (2017) The Association of Hot Red Chili Pepper Consumption and Mortality: A Large Population-Based Cohort Study. PLoS ONE 12(1): e0169876. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0169876
].

Ayam goreng kampung dan sayur asem

Menikmati makanan tradisional adalah cara yang luar biasa untuk memahami budaya dan sejarah suatu tempat. Setiap gigitan dapat membawa Anda ke jantung suatu daerah, mengungkap bumbu unik, teknik memasak, dan bahan-bahan lokal. Pengalaman tersebut bukan hanya soal rasa, tetapi juga tentang atmosfer, kisah di balik hidangan, dan kegembiraan berbagi makanan tersebut dengan orang lain. Ini adalah petualangan sensorik terbaik yang melibatkan selera, bau, dan terkadang bahkan presentasi visual hidangan.
Apakah Anda tertarik menjelajahi pengalaman kuliner tradisional di Resto Pawon Cabe di Gresik? Pawon Cabe menjual produk dengan harga terjangkau dan menghadirkan beberapa paket hemat bagi pelanggan yang ingin mengadakan acara. *** [210824]


logoblog

Thanks for reading Pawon Cabe: Resto Dengan Masakan Nusantara di Gresik

Previous
« Prev Post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sahabat Blog