Kamis, Juli 18, 2024

Kongkow di Circuit Café di Malam Hari

  Budiarto Eko Kusumo       Kamis, Juli 18, 2024
Berkumpul bersama teman adalah kegiatan yang menyenangkan! Seperti yang saya lakukan bersama Andri Kurniawan, A.Md., teman dalam sejumlah penelitian, yaitu kongkow di Circuit Café di malam hari yang berada di daerah perbukitan kapur yang termasuk dalam Kawasan Wisata Makam Putri Cempo umumnya dikenal dengan sebutan Bukit Pucem. Pucem singkatan dari Putri Cempo.
Kongkow atau nongkrong (hang out) merupakan kegiatan yang dilakukan anak muda maupun dewasa di suatu tempat untuk berkumpul dan melakukan kegiatan untuk mengisi waktu luang. Saya yang sedang bertugas dalam penelitian NIHR Global Health Research Centre for Non-Communicable Diseases and Environmental Change (NIHR-GHRC NCDs & EC) di Kabupaten Gresik berhasil mengontak Andri Kurniawan yang bermukim di Kelurahan Kawisanyar, Kecamatan Kebomas, Kabupaten Gresik.
Rabu (17/07) malam hari saya dijemput di basecamp di Front One Hotel Gresik, dan diajak kongkow di Circuit Café yang berada di Jalan Sekardadu No. 1 Gunungsari, Desa Ngargosari, Kecamatan Kebomas, yang berjarak sekitar 3,5 kilometer.
Circuit Café merupakan salah satu café yang ada di kawasan Bukit Pucem yang memiliki spot yang amazing. Berada di tebing bukit kapur, pengunjung bisa memanjakan mata untuk melihat keindahan Kota Gresik dari ketinggian.

Kongkow dengan teman di Circuit Cafe Gresik

Di siang hari, pengunjung bisa melihat laut Jawa dan deretan pabrik-pabrik yang ada. Di bawah tebing, pengunjung bisa menyaksikan bekas lokasi grasstrack. Sementara itu, di malam hari pengunjung bisa memandang kerlap-kerlip lampu di kota maupun lampu-lampu pabrik. Gunawangsa Gresik Superblock dan Stadion Joko Samudro (GJS) juga terlihat dengan megah.
Di Circuti Café itu, kita memesan minuman dan snack untuk menemani ngobrol di atas tebing kapur di bawah pohon pule (Alstonia scholaris) yang tumbuh menjulang. Selain deretan pohon pule, juga terlihat deretan pohon mimba (Azadirachta indica), dan lain-lain.
Dengan lampu-lampu gantung taman di tempat duduk yang outdoor di Circuit Café memberi suasana betah bagi pengunjung dalam menikmati minuman dan snack yang dipesannya di malam hari. Saya dan Andri bisa leluasa mengobrol larut malam.
Andri Kurniawan adalah seorang teman yang pernah bersama-sama terlibat dalam pelbagai penelitian. Saya dan Andri pernah terlibat dalam Studi Evaluasi Dampak Kegiatan KKG/MGMP dan Sertifikasi Guru Terhadap Kinerja Guru (2012) di Kabupaten Banyumas dan Kabupaten Pontianak; 2014 AIBEP Schools’ Survey: Data Collection & Cleaning (2014) di Sulawesi Selatan, dan EOPO 1 Endline Evaluation: Field Survey (2015) di Nusa Tenggara Timur. Terakhir dalam The SMARThealth Extend (2016-2018) di Kabupaten Malang.

Pemandangan Kota Gresik di malam hari dilihat dari Circuit Cafe yang berada di Bukit Pucem

Setelah itu berpisah cukup lama. Oleh karena itu, ketika saya bertugas di Kabupaten Gresik berusaha menghubungi untuk kongkow sambil mengenang memori saat berada di lapangan dalam mengerjakan penelitian.
Memang menjadi kebiasaan, setiap bertugas di suatu daerah saya berusaha menghubungi saudara atau teman-teman yang tinggal di daerah tersebut. Kebetulan saat di Gresik, saya bisa berjumpa dan kongkow dengan Andri Kurniawan. Banyak yang diperoleh saat kongkow: mengenang kenangan saat di lapangan bersama, silaturahmi, dan lain sebagainya.
Seperti kata seorang aktris asal Amerika Serikat, Kiernan Brennan Shipka, melalui ujarannya, “I do lots of activities. I hang out with friends.” (Saya melakukan banyak aktivitas. Saya bergaul dengan teman-teman).
Dari kongkow dengan Andri Kurniawan, saya juga jadi tahu mengenai perbukitan kapur di Kawasan Makam Putri Cempo di Kabupaten Gresik itu ternyata berdiri banyak café-café yang menawarkan view yang indah di malam hari, dan bisa melihat Kota Gresik dari ketinggian. Amazing! *** [180724]


logoblog

Thanks for reading Kongkow di Circuit Café di Malam Hari

Previous
« Prev Post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sahabat Blog